Jalur Pendakian Merapi Via Selo

4:40 AM
Jalur Pendakian Merapi Via Selo


Jalur pendakian Merapi ada tiga yakni jalur via Selo, jalur via Babadan dan jalur Kineharjo. Namun sejak erupsi 2010 dua jalur lain yakni Babadan dan Kineharjo sudah tidak dipakai lagi. Untuk jalur Babadan jalannya sudah tidak ada dan kini hanya dipakai sebagai Pos Pemantauan saja. Sedangkan untuk jalur Kineharjo treknya sangat ekstrim sehingga sulit untuk dilalui. Nah, sekarang hanya menyisakan jalur pendakian Selo.



Selo adalah desa di kabupaten Boyolali. Untuk mencapai ke sana kita bisa melalui jalur Muntilan atau Boyolali. Untuk menuju Selo caranya gampang. Jika dari Yogyakarta tujulah ke pasar Muntilan dari sana ambil arah kanan. Jika dari Boyolali kita bisa berenti di terminal Boyolali lalu ke arah Cepogo lalu Selo. Jika dari arah Semarang kita bisa menuju pasar Ampel lalu menuju Cepogo dan Selo. Nah, masing-masing perjalanan memerlukan waktu berbeda-beda. Tips transportasi: cari tahu dahulu jalur secara garis besarnya, atau kemana yang pertama harus kita tuju. Di jalan jangan sungkan untuk tanya kepada orang. Kalau ada GPS atau google maps ya tentunya bisa dimanfaatkan.
Basecamp paling terkenal di Selo adala basecamp Barameru. Di daerah sekitaran basecamp dan lereng Merapi masih sangat padat penduduk. Hanya sekitar 100-200m dari basecamp kita bisa menemukan warung-warung makan dan angkringan. Bahkan pom bensin dan swalayan letaknya pun tidak jauh.
Sampai di basecamp beristirahatlah. Dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Karena jalur Selo terbilang jalur tunggal naik Merapi maka biasanya di jalur ini sangat padat. Para pendaki biasa melakukan pendakian pada malam hari. Nah jika malam hari pastinya kita bisa lihat basecamp ini penuh sesak.
Untuk tiket masuk Rp 10.000/orang, parkir motor Rp 3.000, mobil Rp 10.000 (jan 2015).


Info Gambar
Infopendaki.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar